Dak Beton Anda Bocor, Ini Dia Penyebabnya

Dak Beton Anda Bocor, Ini Dia Penyebabnya

Saat ini dak beton menjadi salah satu komponen yang populer digunakan sebagai atap rumah. Ini karena sifat dak beton yang kokoh, mudah dibersihkan dan perawatannya pun cukup mudah. Selain itu dengan menggunakan dak beton akan tahan terhadap cuaca dan area ini dapat anda gunakan nantinya sebagai tempat serbaguna. Tetapi perlu dipikirkan juga kemungkinan dak beton bocor pada bangunan anda.

Dak Beton Anda Bocor, Ini Dia Penyebabnya
Dak Beton Anda Bocor, Ini Dia Penyebabnya

Dalam pembangunan dak beton ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Karena walaupun dak beton mempunyai sifat yang kokoh, apabila dalam proses pengerjaannya tidak dilakukan dengan sempurna maka akan menyebabkan kebocoran. Apabila dak beton bangunan mengalami kebocoran, maka setidaknya 5 hal ini yang menjadi penyebab bocornya dak beton.

5 Penyebab Dak Beton Bocor :

  1. Hasil Coran Tidak Sesuai Standar
  2. Saluran Pembuangan Dak Yang Tidak Lancar
  3. Permukaan Beton Anda Tidak Halus
  4. Plasteran Dak Pecah, Retak dan Rapuh
  5. Pemilihan Watreproofing Yang Tidak Tepat

Tentunya ini akan sangat merugikan pemilik bangunan kedepannya ya. Berikut bebrapa alasan mengapa dak beton bisa bocor.

1.Hasil Coran Tidak Sesuai Standar

Saat bangunan anda melakukan pengecoran jangan lupa untuk selalu konsultasikan kepada arsitek atau orang-orang yang paham dengan standar pembangunan ya.

2.Saluran Pembuangan Dak Yang Tidak Lancar

Ketika saluran pembuangan tidak berjalan lancar atau sampai tersumbat, seringkali hal ini disebabkan karena adanya dedaunan kering atau bekas puing-puing bangunan yang membuat tersumbat. Akibatnya air hujan akan menggenang dan genangan tersebut akan masuk dan menyerap ke dalam pori-pori beton.Hal ini pastinya akan mengakibatkan kebocoran pada dak beton. Terlebih apabila dak anda tidak memiliki tingkat kemiringan yang bagus.

3.Permukaan Beton Anda Tidak Halus

Pengerjaan dak beton yang tidak sesuai standar dapat menciptakan pori-pori yang besar dan tidak halus pada permukaan dak beton. Karena dengan kondisi pori-pori yang besar dapat menjadi celah air untuk masuk. Selain karena pori-pori yang besar, keretakan juga harus diperhatikan karena dapat menyebabkan hal yang lebih fatal dibandigkan kasus pori-pori besar pada dak beton.

4.Plasteran Dak Pecah, Retak dan Rapuh

Perubahan cuaca yang ekstrim dapat menyebabkan kualitas dari plasteran menurun. Nantinya plasteran akan mulai retak dan pecah di beberapa bagian dan akan semakin rapuh oleh perubahan cuaca panas dan hujan yanng terus menerus. Hal inilah yang mneyebabkan air hujan dapatmasuk kedalam pori-pori beton dan terjadilah kebocoran.

5.Pemilihan Watreproofing Yang Tidak Tepat

Penggunaan waterproofing atau pelapis anti bocor yang tidak sesuai dengan kapasitasnya akan menyebabkan lapisan tersebut terkelupas oleh panas,air hujan dan genangan air terus menerus. Kualitas waterproofing yang tidak tepat akan menyebabkan air masuk ke pori-pori beton dan menyebabkan dak mengalami kebocoran.

Itulah tadi beberapa penyebab dak beton anda menjadi bocor. Untuk melakukan pencegahan sebaiknya gunakan Jasa Kontraktor Lantai yang Profesional di Kota Anda agar mendapatkan hasil dak beton yang sempurna dan sesuai dnegan standar. Serta gunakan bahan-bahan pelapisan yang berkualitas.

Copyright Kontraktorepoxy.com