Proses Epoxy Lantai Pada Beton, Hasil Maksimal Lantai Idaman

Proses Epoxy Lantai Pada Beton, Hasil Maksimal Lantai Idaman

Sebelum kita mulai menerapkan teknik epoxy ke lantai, kita terlebih dulu mencari tahu langkah-langkah apa saja sih yang dilakukan agar proses epoxy lantai kita itu berhasil. Pertama kita lihat dulu kondisi lantainya seperti apa. Jika sudah kita bisa tentukan desain yang diinginkan dan memilh kualitas cat yang akan dipakai untuk proses epoxy lantai pada beton.

Berikut mimin bagikan tahapan proses epoxy lantai pada beton.

  1. Persiapkan Permukaan Lantai
  2. Grinding
  3. Mengaplikasikan Primer Epoxy
  4. Aplikasikan Plamir Epoxy
  5. Sortir Plamir
  6. Mengaplikasikan Cat Epoxy Dasar
  7. Proses Finishing
kontraktor epoxy lantai

Jadi gimana nih step by stepnya coating lantai beton, mimin lanjutkan penjelasannya di bawah ini.

1. Persiapkan Permukaan Lantai

Langkah pertama yaitu mengosongkan area lantai baik dari manusia,barang ataupun apapun. Tujuannya agar tidak menghambat proses coating.

2. Grinding

Grinding ini adalah proses yang dilakukan agar pori-pori lantai itu terbuka dan bekas noda atau debu yang sudah lama menempel di lantai akan hilang. Tujuan proses ini adalah agar cat epoxy dapat menyerap sempurna tanpa terhalang kotoran dan tidak menyebabkan adhesi pada lantai melemah. Proses ini dapat kalian terapkan dengan menggunakan alat vakum industri.

3. Mengaplikasikan Primer Epoxy

Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan lapisan primer pada lantai anda. Ini merupakan pelapisan dasar dalam proses epoxy lantai. Setelah seluruh permukaan lantai sudah terlapisi secara merata, kita tunggu hingga mengering  . Lapisan ini membuat lantai memiliki daya tahan yang lama dan menghilangkan resiko adanya gelembung dan gas.

4. Aplikasikan Plamir Epoxy

Setelah lapisan primer mengering, langkah selanjutnya yaitu mengecat lantai dengan plamir epoxy. Proses ini dilapiskan keseluruh permukaan lantai dengan alat yang namanya kape atau raskam. Setelah proses ini selesai, tunggu sampai catnya mengering selama beberapa jam.

5. Sortir Plamir

Proses ini merupakan pemeriksaan hasil plamir yang tadi kita terapkan. Jadi jika terdapat hasil plamirnya tidak merata, maka proses ini dapat di sempurnakan dahulu sebelum lanjut ke tahap selanjutnya. Karena hasil plamir yang tidak merata dapat mempengaruhi hasil akhir warna epoxy  yang tidak merata.

6. Mengaplikasikan Cat Epoxy Dasar

Setelah memastikan sortir plamir sudah sempurna, lapisi lantai dengan cat epoxy warna lapisan dasar. Waktu selesai meng-plamir, kalian tunggu bebrapa jam hingga lapisan dasarnya mengering. Setelah kering, proses selanjutnya adalah mengamplas seluruh permukaan lantai.

7. Proses Finishing

Sebelum ke tahap lapisan akhir, pastikan kembali semua lubang dan retakan sudah terisi dan tidak ada debu. Tahap ini juga disebut Top Coat. Pada tahap ini pengecatan dilakukan secara berulang hingga menapatkan tingkat ketebalan yang diinginkan.

proses epoxy lantai pada beton

Supaya epoxy lantai beton anda maksimal, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Mimin bagikan 5 tipsnya dibawah ini ya. Simak baik-baik

5 Tips Coating Epoxy Lantai Pada Beton

Agar proses epoxy lantai pada beton berjalan sempurna, mimin bagikan nih tips yang perlu diperhatikan

  1. Umur lantai beton yang digunakan minimal sudah berumur 28 hari dengan tingkat kelembaban hingga 80 % RH.
  2. Ketika lantai beton yang digunakan diberi beban usahakan tidak terjadi penurunan dan memiliki kekuatan dalam menahan beban minimal 225 kg/cm2.
  3. Jika lantai beton tepat di atas tanah, maka sebaiknya lapisi dengan lapisan penghalang uap air water vapour barrier
  4. Kendaraan jenis berat baru diperbolehkan melewati lantai setelah 7 hari ya.
  5. Siapapun yang terlibat dalam proses pengerjaan epoxy lantai dilarang untuk merokok.  

Itu tadi penjelasan mengenai tahapan pengerjaan / proses epoxy lantai pada beton, tidak sulit bukan. Kalian bisa mencobanya.  Jika kalian membutuhkan bantuan dalam pengerjaan epoxy lantai bisa hubungi kami jasa epoxy lantai terbaik di kelasnya.