Seberapa Tebal Cat Epoxy Lantai anda

Ketebalan cat epoxy lantai ini sendiri dapat berkisar dari yang sangat tipis (300 mikron atau 0.01 inci) hingga cukup tebal 5mm (1/5 inci). Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi cat epoxy lantai bahkan dapat mencapai ketebalan hingga 1 cm (0.4 inci). Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai jenis cat epoxy berdasarkan ketebalannya dan panduan singkat agar Anda dapat memilih cat epoxy lantai berdasarkan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Pelapis Lantai Tipis (Sistem Cat)

Lapisan epoxy lantai yang tipis biasanya terdiri dari lapisan primer dan satu atau dua lapis cat saja. Bergantung pada jumlah lapisan, ketebalan lantai ini biasanya berkisar antara 300 dan 600 mikron. Ketebalan lantai epoxy seperti ini cocok untuk aplikasi ringan dimana tujuan utama pelapisan adalah menjaga agar permukaan tetap bersih dan bebas debu dan hanya direkomendasikan untuk lalu lintas ringan seperti pada ruang penyimpanan, gudang dengan sedikit lalu lintas atau garasi rumah. Jika Anda mencari ketahanan yang lebih baik terhadap kerusakan, Anda perlu melihat ke dalam sistem cat epoxy lantai yang memiliki ketebalan minimal 1-2 mm (0.04-0.08) karena bisa dipadukan dengan lapisan pasir kuarsa untuk menciptakan permukaan yang lebih awet.

  1. Pelapis Lantai Self-Leveling

Lantai epoxy self-leveling ini memiliki ketebalan mulai dari 2 mm (1/16 inci), namun biasanya berada pada kisaran 3 mm (1/8 inci). Pelapis lantai self-leveling ini merupakan pilihan paling populer dari cat epoxy lantai karena memiliki tampilan mengkilap dan halus yang mengesankan, mudah dibersihkan, dan juga memiliki daya tahan yang memuaskan kebutuhan kebanyakan industri. Pelapisan lantai self-leveling ini cocok untuk industri yang memiliki tugas berat dimana terdapat banyak kerusakan mekanis yang signifikan, menyeret benda berat, dan menggeser beban masif. Industri konstruksi logam, manufaktur kawat dan kabel, atau abrasi kimia berat adalah contoh industri yang termasuk dalam kategori ini. Bahkan di industri semacam itu, ketebalan cat epoxy lantai dapat melampaui 5 mm dan mencapai 1 cm. Sistem cat epoxy lantai seperti ini biasanya terdiri dari beberapa lapisan yang melibatkan screed epoxy, agregat perantara, dan top coat.

Beberapa poin tambahan yang perlu diingat:

  • Semakin tebal cat epoxy lantai Anda, semakin dalam persiapan permukaan Anda.
  • Sistem resin lantai tertentu mungkin memerlukan pelapisan cat epoxy lantai yang tebal. Misalnya, di pasar dengan screed polyurethane cementitious tidak jarang melihat pelapisan cat epoxy lantai yang melebihi hingga 12 mm (1/2 inci).

Itulah panduan singkat yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk Anda memilih cat epoxy lantai berdasarkan ketebalan sesuai kebutuhan lantai bangunan Anda. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan jenis cat epoxy lantai yang tepat untuk bangunan Anda, Anda dapat menggunakan jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com. Jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com ini akan membantu Anda untuk mendapatkan permukaan lantai yang rapi, bersih, dan indah serta meningkatkan keamanan, kekuatan, dan ketahanan untuk lantai Anda.

Copyrigt © PT. Sukses Mitra Bersaudara